TIPS MENGHADAPI PSIKOTEST

Tips menghadapi psikotes – Perusahaan-perusahaan sekarang ini sering menggunakan psikotest pada salah satu tahapan seleksi bagi calon tenaga kerja. Psikotest atau tes psikologi merupakan tes untuk mengetahui karakter dari seseorang melalui gambar-gambar yang dia buat dan dari pernyataan-pernyataan yang dia pilih pada soal.

Tips Menghadapi Psikotes

Tes Karakter dan Kekonsitenan

Biasanya psikotest juga ingin mengetahui kekonsistenan jawaban peserta psikotest disamping untuk mengetahui kecenderungan karakter peserta psikotest tersebut.
Untuk mengetahui karakter sesorang biasanya peserta psikotest harus memilih 1 dari 2 pernyataan yang paling menggambarkan atau yang paling mendekati karakter orang tersebut.

Misalnya:
a. Saya cepat mengambil keputusan.
b. Saya suka berkumpul dengan teman-teman.

Dari dua pernyataan di atas, peserta pikotest harus memilih satu jawaban yang paling menggambarkan dirinya.

Tes melanjutkan gambar

Pada jenis psikotest ini, biasanya anda akan diberikan 8 kotak yang berisi gambar yang belum sempurna, atau bisa dibilang hanya berupa simbol-simbol. Tugas anda adalah melanjutkan gambar-gambar tersebut menjadi bentuk yang sempurna dan memberikan nomor urutan anda mengerjakannya. Di samping itu, anda juga harus memilih gambar mana yang paling anda mudah dan paling sulit menurut anda serta gambar mana yang paling anda sukai dan yang paling tidak anda sukai.

Tips:

  • Gambar yang dimulai dengan lengkungan sebaiknya anda lanjutkan dengan gambar yang bersifat feminim, sedangkan gambar yang dimulai dengan garis sebaiknya anda lanjutkan dengan gambar yang bersifat maskulin.
  • Pemberian nomor gambar jangan terlalu urut dan jangan terlalu acak.

Tes Menggambar Pohon

Psikotest selanjutnya adalah menggambar pohon. Pohon yang digambar tidak boleh yang termasuk tumbuhan monokotil, seperti pohon kelapa, rumput, pohon palem, pohon pepaya, bambu, dll. Sebaiknya anda mengambar pohon yang termasuk tumbuhan dikotil, misalnya mangga, sawo, jambu,  dll.

Tips menggambar pohon:

  • Jangan mengulang-ulang garis yang anda gambar, karena mencerminkan anda suka mengulang-ulang pekerjaan.
  • Buat gambar yang proporsional dari bawah ke atas, jangan terlalu ekstrim.
  • Gambarlah satu kesatuan pohon, yang terdiri dari batang pohon, cabang, ranting, daun, akar dan buah.
  • Untuk menggambar daun, buat beberapa saja yang detail, dan daun yang lain tidak terlalu detail.
  • Jangan lupa memberi nama pohon yang anda buat.

Tes Menggambar Manusia

Tes selanjutnya adalah menggambar manusia. Anda diminta untuk menggambar manusia secara utuh dari kepala sampai kaki.

Tips menggambar manusia:

  • Gambarlah manusia yang sesuai dengan jenis kelamin anda.
  • Gambarlah manusia yang sedang beraktivitas, tidak diam.
  • Jangan mengulang garis gambar anda, cukup sekali gores pensil saja.
  • Gambarlah wajah dengan detail; ada mata, alis, hidung, mulut, telinga.
  • Gambarlah manusia yang proporsional sesuai dengan umurnya, karena anda akan diminta menulis jenis kelamin, umur dan aktivitasnya (insidental). Jangan sampai kepalanya lebih kecil dari badan (secara psoporsional) atau sebaliknya.

Demikian tips menghadapi psikotest yang bisa saya bagikan kepada teman-teman yang masih semangat untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan. Semoga psikotes anda sukses!

Referensi: TesPsikologi.com

14 Replies to “TIPS MENGHADAPI PSIKOTEST”

  1. terima kasih, saya sudah mengikuti tes ODP MAndiri sampaitahap II, tapi saya belum tahu lulus TOEFL atau tidak. kira2 standar TOEFL ODP mandiri cabang kendari, berapa skornya? di atas 500 atau gimana?

  2. mw tanya nih,, klo aptitude tes odp mandiri ada tes gambar2 kayak tulisan di atas yaa? makasih sebelumnya…

  3. Mas saya ingin tanya kalau soal psikotest yg hitungan dr bawah ke atas dan dimulai dr kiri ke kanan itu strategi tuk mengerjakannya bagaimana mas..??

  4. Itu namanya TES KRAEPLEIN.
    Saya pernah menjalani tes tersebut waktu tes masuk ke PT Konimex di Surakarta, dan saya satu-satunya yang lolos ke tahap selanjutnya dari 19 peserta tes pada saat itu. Dan itu adalah psikotest pertama saya untuk tes masuk kerja.
    Untuk tes-tes seperti ini (Pauli atau Kraeplein), kamu harus latihan sendiri.
    Caranya gampang, bikin aja di Ms.Excel angka2 acak dari 1 sampai 9 (misalnya 20 baris 30 kolom). Nah berlatihlah menjumlahkan angka-angka itu. Dari pengalamanku angka-angka yang membutuhkan waktu berpikir agak lama itu penjumlahan dengan angka >5. Jadi fokus berlatih di angka-angka itu.
    Dengan sering berlatih, kamu akan terbiasa dengan penjumlahan itu.
    Jika kamu merasa kelamaan mikirnya untuk ngitung satu penjumlahan, tulis aja angka terserah kamu, karena di tes itu, hasil penjumlahanmu tidak harus benar, tapi jangan terus ngawur semua. Beberapa penjumlahan ngasal sih ga masalah, asal tidak berada di paling atas atau paling bawah aja.
    Oh ya, biasanya kamu akan tergesa-gesa dan hilang konsentrasi ketika disuruh berganti kolom. Perintahnya untuk pindah baris bisa dengan instrukturnya ngomong ‘pindah’ atau hanya dengan ketukan meja.
    pastikan kamu jangan berhenti mikir terlalu lama untuk penjumlahan yang awal-awal (paling bawah).

  5. Halo mas Titus, blognya sangat berguna sekali.
    Saya mau tanya mas, adakah contoh gambar yang bagus untuk lolos tes menggambar pohon dan manusia (wanita)? terutama dalam menggambar pohon mas, karena selama ini saya menggambar pohon nangka, namun daunnya saya gambar dengan detail, sedangkan tips yang mas titus tulis gambar daunnya tidak perlu detail semuanya. jika ada tolong kirim ke email saya ya mas, [email protected]
    terimakasih banyak mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.