PENGALAMAN MENGIKUTI APTITUDE TEST BANK MANDIRI

logo bank mandiri
logo bank mandiri

Pada tanggal 11 Maret 2010 saya dijadwalkan untuk mengikuti aptitute test Bank Mandiri di Ruang Seminar A Gedung PAU Pasca Sarjana UGM Yogyakarta. Aptitude test ini merupakan tes yang ketiga dari rangkaian tes yang diadakan Bank Mandiri dalam proses perekrutan karyawan untuk posisi Officer Development Program (ODP).

Berikut rangkaian tes yang diadakan Bank Mandiri dalam merekrut karyawan untuk posisi ODP:

Sebelum Anda membaca lengkap sampai selesai, Anda Boleh Like/Tweet/+1

Referensi: TesPsikologi.com

57 Replies to “PENGALAMAN MENGIKUTI APTITUDE TEST BANK MANDIRI”

  1. Aptitude Test sebaiknya jgn dikerjakan dgn konsisten, maksudnya milih opsi jawabannya jgn yg itu-itu terus. Krn idealnya, manusia akan berubah pikiran sesuai dgn alternatif2 yg diahadapkan padanya. Kadang manusia itu menghindari risiko, pendiam, dan tdk mau menjadi leader. Tapi pd suatu kondisi, manusia itu bisa memutuskan untuk mengambil risiko, mau menjadi pemimpin proyek, dan bersedia menjadi pembicara.

    Untuk LGD (Leaderless Group Discussion), maksudnya dlm proses diskusi tdk boleh ada yg diangkat sbg ketua grup diskusi. Semua orang dlm grup memiliki kedudukan yg sama dan hak berbicara yg sama. Usahakan supaya kita jgn terlalu mendominasi pembicaraan, akan lbh baik jika kita mempersilakan teman yg lbh pasif utk mengungkapkan pendapatnya, oya usahakan juga ide kita dibahas dlm diskusi tsb krn hal itu berarti pemikiran kita berhasil mempengaruhi arah diskusi sehingga kita dianggap sbg orang yg mampu menginspirasi kelompok.

  2. Terimakasih Rizzma untuk tipsnya. Cukup membuat saya dan pembaca blog saya ini untuk lebih baik lagi dalam mengerjakan tes-tes masuk kerja.
    Sekadar sharing, selama saya tes seleksi masuk kerja, pada saat psikotes ataupun aptitude test, saya gagal hanya sekali ini yaitu pada saat melamar di Bank Mandiri. Sebelum dan sesudahnya selalu lolos. Tapi memang pada saat mengerjakan psikotes atau aptitude test itu kondisi fisik dan psikis harus benar-benar fit. Kelemahan saya adalah pada saat aptitude test di Bank Mandiri itu adalah pada tes Verbal dan tes kepribadian, karena saya baru pertama kali bertemu model soal seperti itu (dari SHL Indonesia).
    Yach, semoga tidak bertemu tes seperti itu lagi 🙂
    Saat ini (akhir agustus 2010) saya sedang menunggu pengumuman diterima atau tidaknya saya di Telkomsel, seminggu yang lalu saya sudah tes kesehatan. Dukung dan doakan saya ya 🙂

    1. mau numpang tanya, dulu waktu test di bank mandiri menggunakan SHL soalnya dengan menggunkan bahasa indonesia atau menggnakan bahasa inggris ??
      terimakasih sebelumnya 🙂

  3. mksih mas sharing pglamannya. btw yg aptitude test puny Mandiri kyknya Psikometri -ny Pertamina ya, jg ada verbal, numerik, & psikologi. Waktu ikt seleksi pertamina, sya gagal di verbal-nya..

    1. iya betul banget Rizal, hanya beda lembaga psikologi aja. Aku dulu psikotes Mandiri dari lembaga SHL Indonesia (km bisa latihan di websitenya SHL Indonesia), kalau Pertamina dari Aneka Search Indonesia (ASI). Intinya soal2nya mirip banget modelnya.
      Kalau saya gagal di verbal pas Mandiri, karena baru pertama kali lihat model soal seperti itu, tapi pas tes psikometri pertamina, saya lolos, tapi saya gagal di bahasa Inggris 🙂
      Semangat ya bro!
      Ini saya masuk Telkomsel 1 oktober 2010 🙂

      1. ada yang punya pengalaman saat test sebagai posisi ARM di mandiri ?
        saya udah interview ke 2 kali dan minggu depan saya test SHL, tapi belum pernah melihat bentul soal dengan SHL. itu soalnya menggunakan b.inggris atau bahasa indonesia mas ?

        makasih sebelumnya mas,
        infonya sangat membantu

  4. Wahh Mas Titus,, makasih infonya,, saya sampe penasaran kenapa test ODP Mandiri ini ngjelimet bgt dan byk tahapan.. stlh digoogling, ktmu blog mas Titus jadi ada bayangan.. bsok saya tes tahap 4 Mandiri (LGD test).. Sbtulnya saya tertarik bgt ke Telkomsel loh Mas, scr saya dari Teknik Elektro jurusan Telkom, tapi malah Mas yang udah lolos duluan, jgn2 tukeran ni kita Mas, hehe.. Sukses di Telkomsel yaa Mas!!

    1. Iya sama-sama Pippo, saya hanya berbagi lewat catatan kecil saya di blog ini 🙂
      Untuk LGD, tips dari Rizzma (komentar pertama di atas) boleh dijadikan acuan.
      Karena saya tidak sampai pada tahap ini, saya tidak bisa memberikan pengalaman pribadi saya. Tetapi dari pengalaman beberapa orang yang lolos LGD, mereka pada dasarnya tidak menunjuk salah satu peserta untuk menjadi pemimpin diskusi. Jadi diskusi mengalir begitu saja. Tidak perlu terlalu aktif, cukup beberapa ide atau usulan saja tetapi yang berbobot dan menunjukkan solusi terbaik. Tapi juga jangan hanya jadi pendengar saja. Itu sedikit tambahan dari saya. Mudah-mudahan Pippo berlanjut ke tahap selanjutnya dan bisa bergabung dengan Bank Mandiri. Sukses ya!

  5. saya mau nanya nih mas, mengenai interview. slama ini saya selalu gagal di tahap interview, sebenarnya ada tips nya atau memang mengalir bgitu saja pas diinterview, ngilahin gugupnya itu gimana ya mas? oh ya mas ada banyangan mengenai soal soal pada tahap tes BPK Ngga’ mas ? terima kasih

    1. Sebenarnya saya juga bukan ahlinya dalam hal interview. Tapi berdasarkan pengalaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:
      1. kerapihan pakaian
      2. sopan santun (attitude), pas mo duduk nunggu dipersilahkan, dll
      3. intonasi suara, pandangan mata, gerak tubuh
      4. jawaban singkat padat dan yang penting menjawab pertanyaan (to the point)
      5. promosi diri habis2an, khususnya keahlian yang berhubungan dengan posisi yang dilamar
      6. buat pewawancara ‘jatuh cinta’ pada anda! 🙂

      untuk ngilangin gugup, aku sih biasanya jalan2 mondar mandir sambil meregangkan otot2 tangan…karena aku juga tipikan gugup dengan telapak tangan sedikit berkeringat..tapi begitu masuk ruan wawancara, rasa itu sirna, apalagi kalau sudah optimis dengan hasil wawancara..

      untuk tes BPK, aku agak lupa, tapi prinsipnya kerjakan yang paling mudah terlebih dahulu, kalau ada soal yang membutuhkan waktu berpikir lebih banyak, tinggal dulu. saya dulu tidak dapat menyelesaikan banyak karena faktor ini, karena soal2 yg sulit berada di agak2 awal, tapi soal yg mudah ada di belakang…jangan terjebak dengan soal2 sulit..ada tes logika, bahasa indonesia, bahasa inggris..
      semangat yak! 😉

  6. Halo Mas Titus, mdh2an blognya masih terupdate..
    Saya mw nanya skalian mnta petunjuk nih. Saya prnah ikut ODP Mandiri trus gagal di aptitude. Berhubung saya mw nyoba lg ODP Mandiri nti, sukur2 klo lanjut sampe aptitude, yg saya mw tanya, gmn c ngerjain (tips) soal2 SHL. Untuk numerikal, saya sering bgt nemu jawaban yang gak ada/mendekati. Misal, saya itung jwbnya 279, dipilihannya ada paling deket itu 290 atau 300 misalnya. Qta pilih yg mana mas, qta pilih jwaban itu aja (yang mendekati) atau plih jwaban E tidak ada jawaban/benar. Saya suka bingung klo udh gitu. Mohon pencerahanya.. Thx.

    1. Halo Dandi..
      Terimakasih sudah mengunjungi blog saya yang jarang saya update ini 🙂
      Wah sudah pernah ikut tes ODP Mandiri dan gagal di tes Aptitude juga ya? Dan mau mencoba lagi?
      Sama dong 🙂 Saya juga pernah gagal tes Aptitude untuk masuk ODP Mandiri dan belum pernah sukses hehe
      Dan saya mencoba daftar lagi, namun gagal di walk in interview..
      Memang saya tidak berjodoh untuk menjadi karyawan Bank Mandiri, tapi berjodoh dengan cewex yang jadi ODP Mandiri hehe 😉
      Sebenarnya untuk soal2 Aptitude seperti itu, tips mengerjakannya adalah “kerjakan secepat dan setepat mungkin”. Kalau memang ada yang membuat bimbang, tinggal dulu saja, lanjutkan nanti setelah yang mudah-mudah selesai. Perhatikan petunjuk soalnya! Apa yang tertulis di sana? Pilih yang paling tepat atau pilih yang paling mendekati? Jika memang tidak ada jawaban yang mendekati, artinya tidak ada jawaban yang tepat. Hati-hati dengan jawaban jebakan (bukan soalnya).
      Jangan bingung/bimbang. Jika itu terjadi, pilih jawaban pertama yang muncul di otak anda.
      Rasanya aneh ya…saya belum pernah lolos tes Aptitude tapi berani ngasih saran..hehe
      Ini saran+pendapat saya lho Dandi, boleh diterapkan boleh juga tidak.
      Toh pekerjaan TERBAIK untuk kamu sudah Tuhan persiapkan. Tinggal kamu berusaha dan menunggunya saja. Like me 🙂

  7. halo mas… kalo soal aptitudenya dalam bahasa inggris tw gak ya??
    soalny yg saya lihat di situs shldirect dlm bahasa ingris tuh?
    makasih mas..

    1. Yang saya tahu untuk tes aptitude Bank Mandiri itu menggunakan bahasa Indonesia. Untuk latihan di situs resmi SHL, bisa kok disetting menjadi bahasa Indonesia, coba cari Global Location untuk Indonesia. Atau klik link yang kuberikan pada salah satu komentar sebelumnya.
      Semangat ya! 😉

    1. Terimakasih sudah memberikan kepercayaan terhadap blog saya yang jauh dari kesempurnaan ini.
      Selamat sudah diterima di perusahaan yang menjadi dambaan banyak pencari kerja.
      Berikan yang terbaik untuk perusahaan tanpa mengesampingkan keluarga.

  8. thanks mas udh share pengalamannya..
    jadi ada sedikit gambaran mengenai test bank mandiri..
    kebetulan saya lagi ngelamar juga, tapi bukan buat ODP… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.