8 Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Melamar Pekerjaan

Tee Mastery Albert Leonardo
persiapan melamar kerja

Setiap siswa atau mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya pasti berharap segera mendapatkan pekerjaan. Sebagai lulusan baru, para alumni biasanya punya idealisme yang tinggi terhadap pekerjaan yang akan dipilihnya.ย  Misalnya, setelah lulus saya ingin bekerja di perusahaan dengan pangsa pasar seluruh Indonesia, atau bahkan bekerja di perusahaan multinasional dengan gaji sekian juta rupiah. Ada juga yang tidak begitu idealis, sehingga dia hanya berpikir yang penting mendapatkan pekerjaan dahulu, apapun perusahaannya dengan gaji yang tidak terlalu tinggi. Setiap orang punya pandangan masing-masing dalam hal ini.

Pada tulisan kali ini, saya mencoba menelaah beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam melamar pekerjaan, antara lain:

1. Persiapkan berkas lamaran komplit

Berkas lamaran yang perlu dipersiapkan antara lain:

a. Ijazah dan transkrip beserta legalisirnya

Ini adalah hal pertama yang harus anda persiapkan. Sebagai pelamar, anda ‘menjual’ ijazah anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Transkrip nilai juga menjadi nilai tambah untuk anda, terlebih nilainya lebih baik dari standar yang sudah ditetapkan perusahaan. Beberapa perusahaan menyaratkan untuk meninggalkan ijazah asli untuk disimpan di perusahaan sebagai ‘jaminan’, seperti di perusahaan perbankan dan beberapa perusahaan retail, bahkan cpns. Oleh karena itu, alangkah baik jika anda melapisi ijazah dan transkrip anda dengan cara dilaminating. Hal ini untuk menjaga agar ijazah tidak cepat rusak, mengingat ijazah berlaku seumur hidup anda. Persiapkan juga fotokopi ijazah dan transkrip yang dilegalisir. Biasanya pada saat melamar, anda akan diminta menyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir. Persiapkan fotocopy ini secukupnya untuk melamar CPNS dan perusahaan BUMN, sedangkan untuk perusahaan swasta cukup gunakan fotokopi legalisiran saja (legalisir yang difotocopy).

b. Pas foto terbaru

Pas foto yang digunakan dalam melamar pekerjaan biasanya menggunakan pas foto yang digunakan pada ijazah. Akan tetapi sebaiknya anda gunakan pas foto terbaru (jika umur ijazah sudah lebih dari 2 tahun). Untuk pas foto, gunakan pakaian formal. Persiapkan sejumlah pas foto ukuran 3×4 dan 4×6.

c. KTP yang masih berlaku dan fotokopiannya.

Sering juga terjadi pada saat pembukaan lowongan CPNS atau perusahaan, KTP pelamar sudah tidak berlaku alias sudah kadaluarsa karena lupa memperpanjang KTP. Ini hal sepele, tapi bisa fatal akibatnya, apalagi butuh proses dalam pembuatan atau perpanjangan KTP.

d. Sertifikat-sertifikat kursus atau keahlian anda.

Sebagai nilai tambah anda dalam melamar pekerjaan, lampirkan juga sertifikat yang anda miliki. Misalnya, anda pernah mengikuti kursus komputer, atau kursus bahasa, atau penghargaan yang pernah anda raih. Lebih baik lagi jika sertifikat yang anda lampirkan berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.

e. Amplop coklat ukuran folio, klip penjepit kertas, dll

Jika beberapa berkas utama sudah anda persiapkan, siapkan juga media untuk mengirimkan lamaran anda seperti amplop coklat ukuran folio.

2. Persiapkan alat tulis

Alat tulis perlu anda persiapkan untuk melengkapi syarat lamaran, seperti tanda tangan dll. Selain itu, alat tulis juga akan anda gunakan pada saat tes tertulis untuk seleksi calon karyawan di suatu perusahaan. Alat tulis yang perlu anda persiapakan antara lain: pulpen, pensil 2B, pensil HB, karet penghapus, rautan/cutter, alas tulis (papan), penjepit kertas, dll.

3. Cari informasi lowongan kerja

Untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber antara lain:

a. Surat kabar (koran) atau tabloid.

Informasi lowongan kerja di surat kabar ada setiap hari, tapi untuk perusahaan besar, biasanya memberikan informasi lowongan kerja di surat kabar di hari sabtu dan minggu.

b. Internet
Sekarang zaman teknologi informasi, segala jenis informasi dapat dengan mudah didapatkan melalui internet. ada banyak website yang memberikan informasi lowongan kerja. Misalnya: jobstreet.com, experd.com, jobsdb.com, lowongan123.com, dan masih banyak lainnya. Silakan ketik di Google “lowongan kerja”, ada banyak situs ada di sana. Untuk mendapatkan update lowongan terbaru, anda bisa berlangganan pada situs tersebut dengan menggunakan RSS feed atau email opt in, bisa juga lewat facebook pages atau grup di facebook. Untuk mendapatkan update lowongan terbaru di facebook, anda bisa bergabung pada halaman http://www.facebook.com/lowongan123.

c. Rekan anda di suatu perusahaan

Ini bukan bermaksud untuk nepotisme, tetapi sekadar informasi paling baru dari perusahaan tempat rekan anda bekerja. Keputusan apakah anda akan diterima atau tidak, itu urusan perusahaan.

Sebelum Anda membaca lengkap sampai selesai, Anda Boleh Like/Tweet/+1

Demikian 8 hal yang harus anda persiapkan dalam melamar pekerjaan.
Semoga sukses dan mendapatkan pekerjaan yang terbaik untuk anda.

 

Referensi:

Latihan Soalย CPNS

Panduan soal CPNS

28 Replies to “8 Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Melamar Pekerjaan”

  1. Hmm..apa aja ya? lupa hehe
    yang pasti ada serangkaian tes:
    1. psikotes dari logika sampai menggambar
    2. interview HRD
    3. interview user
    4. tes kesehatan
    udah itu aja ๐Ÿ™‚
    tidak ada tes bahasa Inggris ๐Ÿ™‚

  2. mas aku mau tanya untuk sertifikat kursus atau keahllian jika gak sesuai dengan pekerjaan yg kita lamar bagusnya apa tetap dilampirkan atau tidak?

  3. Untuk sertifikat sebaiknya hanya yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.
    Kalau sertifikat seminar sepertinya ga penting untuk dilampirkan.
    Yang pasti, semua prestasimu tulis di CV dan presentasikan saat interview HRD atau User.
    Semoga berhasil!

  4. Mas,apakah surat kelakuan baik dan surat kesehatan tidak harus wajib?
    rencana nya saya mau bikin itu juga untuk melengkapi dan apakah baik jika saya memakai pakaian hitam putih formal?

  5. ada yang ketinggalan mass, APAKAH SURAT LAMARAN BAGUS DI TULIS ATO KETIK KOMPUTER?? mohon bantuan nya.

  6. Surat lamaran kalau bisa diketik ya diketik (ketik komputer), kecuali ada syarat harus tulis tangan ya. Yang penting bahasanya jangan pakai bahasa standar lamaran, gunakan yang ‘beda’ tetapi tetap menghormati yang membaca. kalau terlalu standar kan pembacanya juga males bacanya ๐Ÿ™‚

  7. iya sih , sebagai contoh saya mau nyebar lamaran di hotel2 nih(coba coba,bukan yg ada di koran) sebab saya lulusan SMK perhotelan dan sertifikat alhamdulillah menunjang, nah itu bingung saya mass ketik apa tulis >.< muhun bantuan mass…..

  8. kalau ada komputer dan printer sendiri ya sebaiknya diketik, lebih rapi, apalagi kalau (maaf) tulisanmu jelek, jadi ketik komputer akan menutupi itu.
    kalau tidak ada komputer dan printer, tulis tangan yang rapi juga boleh.

  9. asik asik,makasih mass masukan nya,bales nya cepet ๐Ÿ˜€

    oke deh, ane ketik aja(secara tulisan ane cakar ayam naik turun), printer ama komputer mah gk masalah, jabatan ane sekarang masih OP warnet ๐Ÿ˜€

    makasih bnyak mass…. ane bookmark situsnya. ;D

  10. Mas Titus yang baik hati lagi ramah, share wawasan donk mas, kalau di zaman sekarang Perusahan di bidang apa yang nantinya akan selalu berkembang dan profit , terimaksih banyak sebelumnya, atas perhatian serta penjelasannya.

  11. Mas untuk dari semua keterangan di atas, lulusan dari kampus mana juga ngaruh ya?
    Saya lulusan elektro swasta pengen ngelamar di perusahaan telekomunikasi bagaimana mas?
    Test di perusahaan telekomunikasi apa normatif n formal kayak test psikotes atau skolastik biasa gitu mas? kita ngga ditutntut bisa software tertentu?

    Trims

  12. Terima kasih mas, infonya sangat bermanfaat! aku baru saja lulus kuliah jurusanhukum dan ingin mencari pekerjaan, namun aku masih minim pengalaman…

  13. mas mau tanya.. saya sudah lulus sidang D3 tapi belum wisuda, jadi ijazah belum terima. klo saya mau ngelamar kerja sekarang gmn? berarti pakai ijazah SMK dlu? atau tetap saya lampirkan ijazah SMK tapi ada keterangan ijazah D3 menyusul? sebaiknya bahasa penulisannya gmn mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.