Banyak Jalan Menuju Malang

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang sering dijadikan tujuan wisata ketika liburan. Selain Malang, kota yang tidak jauh dari tempat ini adalah Batu. Pada tulisan ini saya tidak membicarakan kota Batu, melainkan kota Malang.

Pagi ini saya membaca sebuah artikel yang menarik di Detik Travel yang judulnya sama dengan judul tulisan ini. Kebetulan sore nanti saya akan ke Malang menemui istri saya yang masih bekerja di kota Malang. Dari pengalaman saya ke kota Malang, saya pernah menggunakan berbagai moda transportasi darat dan udara. Berikut sedikit pengalaman saya menuju kota Malang:

Malang
Balai Kota Malang. Sumber foto: http://id.valetourism.net
 1. Pesawat

Moda transportasi ini paling cepat untuk sampai ke Malang dengan waktu tempuh 1  jam 30 menit dari bandara Soekarno Hatta, Jakarta sampai bandara Abdul Rahman Saleh. Maskapai yang bisa digunakan antara lain: Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Batavia Air. Harga tiket Jakarta-Malang sekira 1,1 juta rupiah. Jika ingin lebih hemat bisa melalui jalur Jakarta-Surabaya, kemudian dilanjutkan menggunakan travel dari bandara ke kota Malang dengan tarif antara 60 ribu sampai 80 ribu. Saya menyarankan menggunakan pesawat Jakarta-Surabaya karena sering ada promo untuk pesawat Jakarta-Surabaya.

2. Kereta Api

Pada 5 Oktober 2012 saya ke Malang menggunakan kereta api eksekutif Gajayana dari Jakarta pukul 17.30 tepat dan sampai di Malang tgl 6 Oktober 2012 pukul 9.15, terlambat 32 menit. Berbeda ketika balik dari Malang-Jakarta, dari Malang pukul 13.45 sampai Jakarta pukul 04.30 yang lebih cepat dari jadwal 04.49. Saya belum pernah naik kereta bisnis maupun ekonomi Jakarta-Malang. Pembelian tiket kereta api sekarang lebih praktis menggunakan kartu kredit atau telepon saja ke call center 121 dan transfer pembayaran via ATM. Hanya saja metode pembayaran menggunakan ATM maupun kartu kredit tetap harus ke stasiun untuk menukarkan bukti bayar menjadi tiket. Berbeda dengan pembelian tiket pesawat yang tiketnya bisa kita cetak sendiri.

3. Bus

Moda bus terkadang juga diminati para traveler untuk ke Malang. Saya pernah naik bus Rosalia Indah dari Klaten (By Pass) ke Malang. dapat makan 1 kali di daerah Madiun. Cukup murah karena dari Klaten ke Malang cukup dengan Rp 80.000. Saya belum pernah dari Jakarta ke Malang naik bus. tapi berdasarkan informasi yang saya dapat, bisa menggunakan bus AKAP Pahala Kencana, Lorena, Malino, Safari Dharma Raya dan Kramat Djati dengan tarif Rp 210.000 – Rp 250.000.

4. Kendaraan Pribadi

Perjalanan ke Malang akan sangat menyenangkan jika memiliki kendaraan pribadi bersama dengan keluarga. Sayangnya saya belum punya mobil sendiri. Sebenarnya saya suka travelling menggunakan motor, tapi jika harus menempuh Jakarta-Malang bakal capek juga. Mudah-mudahan saya bisa memiliki mobil Toyota Fortuner SUV Terbaik untuk menempuh perjalanan ke Malang maupun ke kota wisata lainnya.

4 Replies to “Banyak Jalan Menuju Malang”

1. Sayangnya di kota Malang tidak ada bandara, jadi harus berhenti di bandara Juanda lalu ke kota Malang dengan transportasi lain. Apa nggak ribet ya mas ?